9 Maret 2022 13:33

        Kepada

Yth. Seluruh Pengguna Aplikasi SPSE Kabupaten Katingan

        di -

              Tempat


     Sehubungan dengan adanya gangguan pada aplikasi SPSE 4.4 Kabupaten Katingan yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik LKPP, bahwa saat ini aplikasi tersebut sedang mengalami Bug Sistem (error system) sehingga menyebabkan beberapa masalah yang terjadi antara lain sebagai berikut :

1. Error pada saaat POKJA Pemilihan melakukan perubahan metode pemilihan pada draft paket pekerjaan yang terkirim kepada POKJA Pemilihan.

2. Draft paket yang terkirim kepada POKJA Pemilihan langsung terisi jadwal kegiatannya sebelum POKJA Pemilihan melakukan perubahan pada draft paket.

3. Data draft paket yang sudah di-upload pada akun PPK hilang.

4. Paket yang sedang dalam tahapan jadwal pembuktian kualifikasi dapat berubah menjadi berstatus paket ditutup.

     Selain beberapa masalah yang telah disebutkan di atas, tidak menutup kemungkinan terjadi masalah-masalah Bug Sistem (error system) lain pada paket-paket perkerjaan lainnya. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, para pengguna Aplikasi SPSE Versi 4.4 dapat melakukan Langkah-langkah sebagai berikut:

1. Paket pengadaan dalam tahap Draft Paket, segera dibuat paket baru;

2. Paket Pengadaan dalam proses pemilihan penyedia yang mengalami permasalahan dilaporkan melalui Aplikasi LPSE Support (e-ticket) agar segera dilakukan proses perbaikan.

     Permasalahan yang muncul pada paket yang sedang berjalan sebagaimana disebutkan pada angka 1 s.d 4 di atas, sesuai aturan dan prosedur telah kami laporkan/sampaikan kepada pihak yang mengelola aplikasi tersebut dalam hal ini Tim IT LKPP melalui LPSE Support dan permasalahan tersebut akan segera diproses dan ditangani oleh Tim IT LKPP, namun perlu diketahui juga untuk jangka waktu penanganan permasalahan terkait Bug Sistem (error system) tidak dapat ditentukan dan dipastikan karena menyesuaikan dengan jadwal atau nomor antrian tiket yang telah dibuat menggunakan Aplikasi LPSE Support (e-Ticket) mengingat Tim LPSE Support LKPP memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baku dalam penanganan masalah yang dilaporkan melalui Aplikasi LPSE Support (e-Ticket).

     Perlu kami informasikan juga bahwa LPSE Kabupaten Katingan akan segera mengajukan permohonan proses Upgrade Aplikasi SPSE Versi 4.5 karena memang saat ini pihak LKPP telah mengembangkan aplikasi SPSE terbaru yaitu versi 4.5 yang telah di – release pada bulan Oktober Tahun 2021. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa sehingga seluruh LPSE diminta untuk segera melakukan Upgrade Aplikasi SPSE Versi 4.5 tersebut. Dalam pengumuman ini kami sampaikan juga bahwa setelah proses Ugrade Aplikasi SPSE Versi 4.4 menjadi SPSE Versi 4.5 selesai, tidak menutup kemungkinan masih akan terjadi Bug Sistem (error system) pada Aplikasi SPSE 4.5, karena aplikasi SPSE Versi 4.5 masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan oleh Direktorat Pengembangan SPSE LKPP.

    Demikian disampaikan untuk diketahui dan dapat dimaklumi.


Lampiran: